Kamis, 23 April 2009
Masih ingatkah anda dengan film besutan Disney, "Herbie" yang mengisahkan sebuah mobil Volkswagen (VW) memiliki perasaan seperti manusia. Herbie yang pertama kali dilahirkan tahun 1963, lewat judul "Herbie The Love Bug" memang hanya dikenal dalam cerita fiksi. Namun, baru-baru ini peneliti dari Florida State University mengungkapkan jika mobil memang memiliki kepribadian sama seperti manusia.








Peneliti dapat mengungkapkan kepribadian sebuah mobil lewat hitung-hitungan statistik yang kompleks. Banyak pemilik mobil atau orang yang sering melihat bentuk fisik mobil mencerminkan kepribadian, tapi tak dapat menjelaskan secara sistematis. Kebanyakan orang hanya melihat bentuk depan mobil, seperti menggambarkan sedang tersenyum, atau sedang marah. "Penelitian kami merupakan penelitian pertama yang coba menjelaskan kepribadian mobil yang selama ini hanya direka-reka oleh banyak orang. Ekspresi yang dipancarkan dari bentuk sebuah mobil memang menggambarkan kepribadian mobil tersebut", ujar Professor Dennis Slice dari Department of Scientific Computing Florida State University. Slice menyatakan, aspek paling unik dari penelitian itu adalah menghubungkan aspek struktur fisik mobil dengan persepsi orang mengenai mobil yang maskulin, agresif, dan kepribadian lainnya.

Penelitian itu dilakukan terhadap 40 orang yang diberikan gambar tiga dimensi 38 model mobil keluaran tahun 2004-2006 dari 26 pabrikan yang berbeda, mulai Ford hingga Mercedes. Hasil penelitian menunujukkan 32 persen responden menjawab 90 gambar tersebut memang mewakili bentuk-bentuk manusia atau binatang,seperti lampu yang diasosiasikan sebagai mata, atau lambang mobil di depan yang dianggap sebagai hidung. 96 persen responden bahkan percaya jika mobil-mobil tersebut memang mengungkapkan pesan tersendiri sesuai bentuknya.(Pikiran Rakyat)



Templateify

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae abtore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo. Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit

0 komentar